Jangan Sampai Pertamina Jadi Sapi Perahan

PDSI Pembinaan Minat Baca di Madrasah Al Basyariah
Foto: lingkarannews.com

Jangan Sampai Pertamina Jadi Sapi Perahan

 

indoPetroNews- Ada tiga kriteria ideal yang harus dipenuhi bagi mereka yang hendak menjadi orang nomor satu di PT Pertamina. Apa saja kriterianya?

“Pertama, ia harus profesional di bidangnya. Kedua, harus mempunyai integritas. Ketiga, harus independen,” kata Fahmy Radhi, mantan tim anggota Anti Mafia Migas, pada indoPetroNews.com Rabu (22/2/2017). Sementara salah satu calon unggulan yang digadang-gadang saat ini menjadi Direktur Utama (Dirut) definitif adalah profesional di bidang keuangan bukan di migas

Calon lain yang juga diunggulkan adalah Ahmad Bambang. “Tapi integritasnya agak tercemar karena pernah diundang oleh pihak Kejagung,” katanya. Track record seperti itu akan mengurangi kepercayaan.

Walupun demikian, dosen ekonomi Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta ini, tidak merekomendasikan orang per orang. “Tiga kriteria yang saya sebutkan tersebut akan memudahkan bagi pemerintah untuk memilih dan menetapkan seorang Dirut Pertamina,” katanya.

Dia mengungkapkan bahwa aset Pertamina yang bakal dikelola sangat besar sekali. “Kalau dikendalikan oleh pihak yang tidak memenuhi kriteria tersebut, tidak mustahil BUMN energi ini akan jadi sapi perahan. Ini yang harus dicegah,” tegasnya. Oleh sebab itu, pemerintah selayaknya memperhatikan tiga kriteria calon Dirut Pertamina tersebut. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*