SKK Migas Jadi Kunci Sukses Sosialisasi Perizinan Lahan

80400
Usai Lebaran, SKK Migas Diharapkan Semakin Membaik
Foto: katadata.com

SKK Migas Jadi Kunci Sukses Sosialisasi Perizinan Lahan

Kepala SKK Migas Lepas Karyawan Bekerja di BP Tangguh
Foto: katadata.com

indoPetroNews- Perizinan tanah/lahan bagi industri hulu minyak dan gas bumi (migas) bukan saja menjadi persoalan klasik tetapi menyangkut budaya. Bagaiman peran SKK Migas?

“Permasalahan tanah ini juga menyangkut masalah budaya kita. Bahkan di beberapa tempat tanah itu menjadi tanah komunal atau tanah adat. Sehingga klaimnya itu adalah kepemilikan tanah itu sama dengan harga diri seseorang. Ini menjadi unik dalam penyelesaiannya,” kata kata Wakil Kepala Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas), M.I Zikrullah kepada indoPetroNews.Com , Jumat (17/2/2017) di Jakarta. Sementara pengembangan industri hulu migas, umumnya terletak di remote area.

Ketika ada upaya dari beberapa pihak untuk melakukan pembebasan tanah, kemudian dipersepsikan seolah-olah terdapat oppurtunity untuk mendapatkan penerimaan yang tidak biasa. “Ini kemudian menjadi kendala dalam melakukan pembebasan. Ujung-ujungnya bukan hanya masalah perizinan saja tapi juga masalah penguasaan lahan itu sendiri. Bahkan ada kasus satu bidang tanah dimiliki oleh 2-3 kelompok/orang ,” ujarnya.

Dia mengakui pangkal persoalannya memang terletak pada perizinan. “Inilah tantangan industri migas kini, esok dan masa mendatang,” katanya. Untuk itu, pihak SKK Migas menjadi kunci sukses mensosialisasikan persoalan perizinan lahan ke beberapa pihak, termasuk Pemda. “Bahwa kalau ini berhasil, mereka juga akan mendapat bagian,” tuturnya.

Zikrullah juga tidak menampik fungsi SKK Migas juga diperbaiki. “Apakah kita terlalu jauh di belakang atau kita bersama pihak Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS). Atau apa yang kita lakukan masih kurang. Kurangnya di mana? Ini yang perlu kita telaah bersama. Setelah itu harus secara bersama –sama juga melakukan bantuan kepada Production Sharing Contract (PSC) yang akan melakukan pembebasan tanah,” cetus Zikrullah seraya mengimbuhkan ada usalan dari PSC, pihak SKK Migas yang melakukan pembebasan lahan. “Namun ide ini masih ditampung terlebih dahulu,” katanya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*