Fungsi SKK Migas Masuk Dalam Badan Usaha Khusus Migas

63500
Usai Lebaran, SKK Migas Diharapkan Semakin Membaik
Foto: katadata.com

Fungsi SKK Migas Masuk Dalam Badan Usaha Khusus Migas

Kepala SKK Migas Lepas Karyawan Bekerja di BP Tangguh
Foto: katadata.com

indoPetroNews- Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) jelmaan dari Badan Pengatur (BP) Migas, yang sudah dibatalkan oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Karena itu posisi temporary.

“Karena itu harus dimasukkan dalam Badan Usaha Khusus Migas atau nanti ada holding. Di sana akan ada unit usaha hulu dan hilir,” kata Fahmy Radhi, mantan tim anggota Anti Mafia Migas, pada indoPetroNews.com Senin (20/2/2017) di Jakarta. Namun yang jauh lebih penting, fungsinya masih ada dan dimasukkan dalam Badan Usaha Khusus Migas atau holding tersebut.

Dalam Badan Usaha Khusus Migas atau holding nanti ada anak-anak usaha. “Bisa juga SKK Migas menjadi salah satu anak perusahaan,” katanya. Sementara PGN dan Pertagas sudah integrated menjadi satu anak perusahaan.

Fahmy mengakui perubahan tersebut juga dikyakin tidak akan memengaruhi minat investasi migas di dalam negeri. “Hanya akan ada prioritas bagi Pertamina. Setelah itu bisa saja Pertamina mengajak joint venture dengan perusahaan migas lainnya,” tandasnya.

Kendati demikian, perubahan tersebut membutuhkan proses dan waktu yang cukup panjang. Apalagi, kata Fahmi, proses perubahan ini pun juga harus menunggu revisi Undang-undang (UU) Minyak dan Gas Bumi (Migas). (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*