Draf RUU Migas Sudah Sangat Luar Biasa

63300
Target Lifting 2018 Diturunkan
Foto: siar.com

Draf RUU Migas Sudah Sangat Luar Biasa

Draf RUU Migas Sudah Sangat Luar Biasa
Foto: siar.com

indoPetroNews- Rencana pembentukan Badan Usaha Khusus Migas yang bakal disepakati untuk dicantumkan dalam Revisi Undang-Undang (RUU) Migas, mendapat sambutan positif dari berbagai pihak.
“Status terakhir saya melihat draf yang sudah diselesaikan Komisi VII DPR, di internal Badan Keahlian DPR, saya melihat sangat luar biasa. Karena apa yang menjadi kepentingan pihak SKK Migas, BPH Migas, pihak Pertamina, dan usulan-usulan terkait petroleum fund dan agregator gas dan lain sebagainya sudah ada di situ,” kata Direktur Eksekutif Reforminer Institute Komaidi Notonegoro, pada Minggu (19/2/2017) di Jakarta.
Mungkin tinggal pengaturan detil aturan, pasal per pasal dan ayatnya seperti apa supaya tidak ada celah lagi ketika UU Migas diimplementasikan benar-benar firm. “Bahwa nanti masih membutuhkan turunan dari Undang-undang, seperti Peraturan Pemerintah atau level di bawahnya,” katanya. Namun penting agar Undang-undang Migas dibuat selengkap mungkin.

Hal ini agar tidak terjadi lagi kasus seperti yang lalu. “UU Migas 22 2001 sebanyak 20% hingga 25% pasalnya telah dibatalkan oleh MK. Agak miris sebuah sektor yang diakui bersama sebagai sektor strategis untuk hajat hidup orang banyak tetapi menggunakan payung hukum yang 30% pasal di didalamnya telah dibatalkan MK,” ujar Komaidi. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*