Dibukanya Data Subsurface Migas Jadi Horizon Baru

73800
BPK Beri Predikat KESDM WTP
Foto : katadata.co.id

Dibukanya Data Subsurface Migas Jadi Horizon Baru

Dibukanya Data Subsurface Migas Jadi Horizon Baru
Foto : katadata.co.id

indoPetroNews- Upaya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) untuk membuka data subsurface industri hulu minyak dan gas bumi (migas) mendapat apresiasi positif dari pelaku bisnis migas.

“Kita tentu sangat mengapresiasi. Rencana dibukanya data subsurface maka para investor dapat melihat lebih transparan,” kata Sammy Hamzah, salah seorang pebisnis migas kepada media, Selasa (14/2/2017) di Jakarta. Dengan ini diharapkan bisnis hulu migas akan lebih makin kompetitif.

Pihaknya mengatakan dibukanya data subsurface dapat segera direalisasikan. “Karena akan membuka horizon baru dan membawa kemungkinan investor baru ke Indonesia,” cetus Sammy.

Dia juga memaparkan bahwa competitiveness dunia bisnis hulu migas semakin sengit. Indonesia, katanya, bukan hanya akan bersaing dengan Vietnam dan Thailand. Bahkan dengan negara Adi Kuasa, Amerika Serikat (AS), yang mempunyai teknologi dan modal besar. “Kita tahu Presiden Amerika Serikat, Donald Trump meminta perusahaan migas AS yang menanamkan investasinya di luar negeri agar segera menarik investasinya,” paparnya.

Apa yang diungkapkan Presiden AS tersebut, lanjut Sammy, tentu harus menjadi warning bagi pemerintah. Karena perusahaan migas AS pun juga ada di Tanah Air.

Oleh sebab itu, Sammy berharap agar pemerintah dan anggota legislatif memberikan kepastian berusaha bagi para investor. Misalnya terkait PP 79 2010. “Pengusaha sejak tahun 2010 sudah bicara, tapi hingga kini revisinya belum ada titik terangnya,” terangnya. Justru pihak Departemen Keuangan yang akan melakukan perubahan dalam beberapa klausulnya.

Sammy mengingatkan bahwa bisnis migas adalah bisnis jangka panjang. “Boleh saja pemerintah memberikan pajak yang besar tetapi berefek jangka pendek. Padahal bisnis migas ini harus dilihat untuk masa yang panjang,” terangnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*