Data Subsurface Harus Kuat dan Berkualitas

36900
KESDM Luncurkan AMORA
Foto : katadata.co.id

Data Subsurface Harus Kuat dan Berkualitas

Data Subsurface Harus Kuat dan Berkualitas
Foto : katadata.co.id

indoPetroNews- Data subsurface hulu minyak dan gas bumi (migas) yang akan dibuka kepada para ahli diharapkan data kuat dan berkualitas. Mengapa harus kuat dan berkualitas?

“Disamping dibuka, data-data yang diharapkan itu kuat. Maksudnya, bukan hanya data begitu saja tapi tingkat kepercayaan terhadap data tersebut juga berkualitas,” kata kata Direktur PT Single Buoy Moorings Indonesia (SBM) Offshore, Jamsir Sabara, kepada indoPetroNews.com Kamis (16/2/2017) di Jakarta.

Saat ditanyakan apakah data yang selama ini dikeluarkan belum sepenuhnya dipercaya? “Selama ini, bisa dilihat bila pemerintah mengeluarkan lelang Wilayah Kerja (WK) migas, nyaris tidak ada peminat,” tandas Jamsir.

Lebih jauh Jamsir mengemukakan bahwa revisi Undang-undang Migas yang tengah digodok di DPR sudah bagus. Tetapi pada saat implementasi bisa sangat berbeda jauh. “Bisa totally different,” tegasnya. Misalnya terkait dengan perizinan infrastruktur di laut (offfshore).“Izinnya bisa bermacam-macam dan rumit,” tegasnya.

Seperti diberitakan, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), melalui Direktorat Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Bumi, hendak membuka data subsurface ke para ahli.

“Kita menginginkan data-data subsurface yang boleh dibuka ke para ahli di seluruh dunia bisa melihat data cekungan, potensi dan lain sebagainya,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Bumi (Migas) IGN Wiratmaja Puja .

Menurutnya, bila potensinya tinggi, para calon investor dapat diharapkan datang dan berinvestasi di Indonesia. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*