Dirut Pertamina Harus Bebas dari Jaringan Mafia Migas

39000
Dirut Pertamina Harus Bebas dari Jaringan Mafia Migas
Foto: esdm.go.id

Dirut Pertamina Harus Bebas dari Jaringan Mafia Migas

 

Dirut Pertamina Harus Bebas dari Jaringan Mafia Migas
Foto: esdm.go.id

indoPetroNews- Pasca diberhentikannya Dwi Soetjipto dan Ahmad Bambang dari posisi Direktur Utama (Dirut) dan Wakil Direktur Utama (Waka Dirut) PT Pertamina, saat ini muncul banyak nama yang diusulkan menjadi Direktur dan Wakil Direktur Pertamina. Bagaimana idealnya proses pemilihan orang nomor wahid di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang energi tersebut?

“Proses pemilihan Direktur Utama penting untuk dilakukan secara transparan agar publik mengetahui calon yang terpilih memiliki track record yang benar dan kapabilitasnya terukur,” kata Fabby Tumiwa, Direktur Eksekutif Institute for Essential Service Reform (IESR) kepada sejumlah media, Selasa (14/2/2017) di Jakarta.

Menurutnya, posisi Dirut dalam BUMN terbesar ini sejatinya benar-benar bebas dari kepentingan rente dan klan mafia migas. Paling penting, lanjut Fabby, Dirut Pertamina terpilih harus berintegritas dan berkomitmen menjaga reformasi khususnya dalam pengadaan impor minyak mentah dan Bahan Bakar Minyak (BBM).

Jamak diketahui, kedua petinggi Pertamina (Dwi Soetjipto dan Ahmad Bambang) diberhentikan secara hormat dalam RUPS yang digelar Jumat (3/2/2017) pukul 10.00 WIB. Dwi Soetjipto dan Ahmad Bambang telah dipanggil Menteri BUMN Rini Soemarno pada Kamis (2/2/2017) sore menjelang magrib. Rini memanggil keduanya untuk menyampaikan pencopotan ini. Bahkan, menurut informasi, beberapa jam sebelumnya, Rini dipanggil Presiden Jokowi di Istana. Salah satu pembicaraannya mengenai pemberhentian dua petinggi Pertamina tersebut.

Alasan keduanya diberhentikan juga belum jelas. Namun, Dwi Soetjipto dan Ahmad Bambang dikabarkan dicopot terkait manajemen Pertamina. Dalam beberapa waktu terakhir, manajemen Pertamina agak bermasalah, sehingga pada 20 Oktober 2016 RUPS Pertamina mengangkat Ahmad Bambang menjadi wakil dirut. Sebelumnya Ahmad Bambang menjabat direktur pemasaran. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*