Regulasi Jangan Berubah-ubah

69500
Produksi Minyak AS Meroket
Foto : okezone.com

Regulasi Jangan Berubah-ubah

Regulasi Jangan Berubah-ubah
Foto : okezone.com

indoPetroNews- Ada warning dari sebagian para Kontraktor Kontrak Kerja Sama (Kontraktor KKS) minyak dan gas bumi (migas) untuk hengkang dari Indonesia. Apa penyebabnya?

“Ada kemungkinan untuk out dari Indonesia. Salah satu faktornya adalah karena kondisi perekonomian dunia saat ini. Semua perusahaan migas diminta untuk efisien,” kata Direktur PT Single Buoy Moorings Indonesia (SBM) Offshore, Jamsir Sabara, kepada indoPetroNews.com Minggu (13/2/2017) di Jakarta. Namun hingga kini belum ada kepastian berapa jumlah perusahaan yang akan keluar dari negeri ini.

Menurutnya, tidak sedikit perusahaan migas yang saat ini tengah mengkonsolidasikan aset-aset perusahaan dan kemudian diperbandingkan masing-masing portofolio mana yang harus ditutup dan mana yang harus dikembangkan serta mana yang harus dijaga.

Sebagai pelaku usaha migas, dirinya melihat ketidakkonsistenan pemerintah dalam dalam mengeluarkan beberapa regulasi. Misalnya adalah Gross Split. Padahal sebelumnya adalah skema Cost Recovery. “Banyak hal yang harus diperjelas dan dilihat ulang,” tandas Jamsir.

Kendati demikian, dia mengungkapkan, letak persoalan yang dikeluhkan oleh beberapa pelaku industri yang padat modal ini bukan Gross Split atau Cost Recovery. “Konsistensi yang jauh lebih penting,”tegasnya.

Setiap perubahan pasti akan dilihat ulang karena akan berdampak pada keekonomian sesuatu proyek. “Prinsipnya, kita manut saja tapi regulasinya harus konsisten. Jangan membuat peraturan yang kemudian menimbulkan gugatan. Atau tiba-tiba esok berubah lagi,” tandas Jamasir, seraya mengimbuhkan pelaku usaha pun sedang menunggu kepastian payung hukum UU Migas yang hingga kini belum ada titik terangnya.

Padahal pelaku migas membutuhkan kepastian dalam berusaha. “Sebenarnya kalangan pengusaha nyaris pesimis untuk menanamkan modalnya di Tanah Air karena sudah lama menunggu,” tegasnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*