Dirjen Migas Rencanakan Buka Data Subsurface

36300
KESDM Gandeng TNI AL Tingkatkan Survei Cadangan Migas
Foto : katadata.com

Dirjen Migas Rencanakan Buka Data Subsurface

Dirjen Migas Rencanakan Buka Data Subsurface
Foto : katadata.com

indoPetroNews- Untuk meningkatkan minat investasi di sektor hulu minyak dan gas bumi (migas) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hendak membuka data subsurface ke para ahli.

“Kita menginginkan data-data subsurface yang boleh dibuka ke para ahli di seluruh dunia bisa melihat data cekungan, potensi dan lain sebagainya. Kemudian bisa dianalisis oleh mereka yang memiliki keahlian dan mempunyai software,” kata Direktur Jenderal (Dirjen) Minyak dan Gas Bumi (Migas) IGN Wiratmaja Puja kepada media, pada Minggu (12/2/2017) di Jakarta.

Menurutnya, bila potensinya tinggi, para calon investor dapat diharapkan datang dan berinvestasi di Indonesia. Dia tidak menampik seharusnya data subsurface tersebut dibuka tahun lalu. Namun karena banyak hal yang dibahas dan menyangkut berbagai instansi lain, seperti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta Kementerian Keuangan. Bahkan juga harus dikomunikasikan dengan pihak anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). “Kita harapkan bisa tahun ini,” tandasnya.

Lebih jauh Wiratmajapuja mengemukakan, bahwa negara-negara yang sangat berhasil dalam menerapkan open data subsurface adalah Norwegia dan Australia. “Kedua negara menggunakan sistem open data. Sedangkan Amerika Serikat memang telah menggunakan sistem open data,” katanya.

Seperti diketahui, terdapat 30 telah diobok-obok dari 100 cekungan. Sedang 70 cekungan lain yang masih open. Semoga 70 cekungan itu diperoleh cadangan-cadangan besar. Kini terdapat cadangan migas yang diperkirakan mencapai 3,7 miliar barel dalam 70 cekungan atau lapisan subsurface. Dari cekungan-cekungan itu, 60 persen di antaranya berlokasi di laut dalam. Akibatnya, dibutuhkan dana hingga sekitar US$ 40-200 juta per sumur untuk mengeksplorasi cekungan-cekungan tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*