Wapres Dukung Holding BUMN Energi

31000
Wapres Dukung Holding BUMN Energi
Foto: nusantaranews.co

Wapres Dukung Holding BUMN Energi

 

Wapres Dukung Holding BUMN Energi
Foto: nusantaranews.co

indoPetroNews- Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mendukung upaya pembentukan holding Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang energi. Apa alasannya?

“Kalau dua BUMN ini (Pertamina dan PGN) dapat sinergi maka bisa lebih efisien,” kata JK kepada wartawan, Jumat (10/2/2017) di Jakarta.
Selama ini kedua BUMN ini saling bersaing.

“Bila dapat bersinergi tentu akan lebih efisien dan secara teknologi cukup satu pengembangannya,” ucapnya.

Selain bisa berbagi teknologi, para anak usaha di bawah holding energi juga bisa mendapatkan pendanaan dengan mudah. Bisa melalui induknya langsung, atau mendapat jaminan induknya dalam mencari utang.

“Banyak hal yang dapat diefisiensikan, apabila ada sinergi dalam bentuk holding. Nah, holding ini juga macam-macam, ada holding operasional dan non operasional. Umumnya non operasional sebenarnya, sehingga tidak dibutuhkan restrukturisasi besar-besaran. Tidak menggabungkan, tapi di-holding-kan, ada di atasnya untuk mengkoordinir,” ujar JK.

Sementara itu, ekonom senior dari Universitas Gajah Mada (UGM) Fahmi Radhi mengatakan, Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) yang menjadi dasar hukum pembentukan holding energi dinilai janggal.‎

“Saya baca dari RPP itu tidak pernah menyebut satu kata pun holding, tetapi perpindahan saham pemerintah di PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk (PGAS) atau PGN dipindah ke PT Pertamina (Persero). Itu semacam akuisisi tidak membahas holding energi itu,” kata Fahmi.

Fahmi meminta Menteri BUMN Rini Soemarno harus terbuka soal rencana akuisisi tersebut ke Presiden Jokowi dan Wapres JK. “Jangan mengemasnya dengan dalih pembentukan holding energi. Sebab, konsep dalam RPP yang diajukan Rini sangat jauh dari semangat pembentukan holding,” tegas Fahmi. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*