Saudi Aramco Siap Terbitkan Sukuk

72200
JPMorgan Chase & Co, HSBC Holdings, dan Morgan Stanley Bakal Jadi Koordinator IPO Aramco
Foto : financialpost.com

Saudi Aramco Siap Terbitkan Sukuk

Saudi Aramco Siap Terbitkan Sukuk
Foto : financialpost.com

indoPetroNews- Perusahaan minyak dan gas bumi (migas) raksasa Saudi Aramco siap menerbitkan sukuk domestik perdananya pada 2017. Kebijakan tersebut diambil untuk membantu membiayai berbagai kegiatan Aramco.

Menurut Arabian Sun, majalah internal Aramco, direksi perusahaan pada awal 2016 silam telah menyepakati pembentukan sebuah program untuk melansir sukuk.

Sementara itu, Menteri Energi Arab Saudi sekaligus Chairman Aramco Khalid al-Falih bulan lalu, menyatakan IPO (penjualan saham perdana) Aramco sebesar 5% (lima persen) akan dilakukan pada semester kedua 2018.

Sejumlah pihak menaksir nilai IPO itu paling sedikit US$ 2,5 triliun, yang terbesar sepanjang sejarah.

Sebagai catatan, menurut Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institutions (AAOIFI), sukuk adalah “certificate of equal value representing undivided shares ownership of tangible asset, usufruct and services (in the ownership of) the assets of particular projects or special investment activity”. Jadi sukuk adalah sebagai sertifikat dari suatu nilai yang dipresentasikan setelah menutup pendaftaran, bukti terima nilai sertifikat, dan menggunakannya sesuai rencana. sama halnya dengan bagian dan kepemilikan atas aset yang jelas, barang, atau jasa atau modal dari suatu proyek tertentu atau modal dari suatu aktivitas investasi tertentu. (Sofyan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*