Perlakuan Spesial Harus Diberikan pada Pertamina

31700
Delegasi Pertamina Berjaya di Ajang TIIST
Foto: lingkarannews.com

Perlakuan Spesial Harus Diberikan pada Pertamina

indoPetroNews- Pemerintah sejatinya memberi perlakuan special kepada PT Pertamina sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bidang energi. Mengapa?

Perlakuan Spesial Harus Diberikan pada Pertamina
Foto: lingkarannews.com

“Selain energi menjadi salah satu komoditas strategis, diharapkan Pertamina dapat bersaing dengan kompetitor-kompetitor lain di tingkat regional dan Asia Pasifik,” kata peneliti Institute Development for Economics Finance (INDEF) Ahmad Heri Firdaus dalam satu diskusi pada Kamis (9/2/2027) di Jakarta. Selain itu tentu dilakukan juga beberapa upaya untuk meningkatkan daya saing.

Apa bentuk konkrit perlakuan khusus itu? “Misalkan menambah kapital melalui penanaman modal senilai 100 triliun. Penanaman modal jangan dilihat sebagai proyek tapi sebagai investasi untuk teknologi,” kata Ahmad Heri, seraya mengimbuhkan catatan mengenai kepemimpinan Dirut Pertamina yang telah dilengserkan.

Menurut Ahmad, sosok ideal Direktur Utama (Dirut) paska dilengserkannya Dwi Soetjipto sebagai Direktur Utama (Dirut) dan Wakil Direktur Utama Ahmad Bambang, adalah mereka yang memiliki kredibilitas yang tinggi, memiliki perencanaan yang matang agar Pertamina punya kekuatan daua saing. Selain itu, lanjut Ahmad Heri Firdaus, adalah sosok yang dapat membantu mewujudkan cita-cita tercapainya kedaulatan dan ketahanan dalam jangka panjang.

“Dirut Pertamina ke depan harus miliki visi ke arah sana,” tegas Ahmad Heri sembari menambahkan agar pemerintah seharusnya juga memperbanyak pembangunan tangki-tangki timbun atau depok atau kilang-kilang mini di daerah-daerah terpencil agar ketersediaan dan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) tidak mahal di beberapa daerah terpelosok. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*