Cangkang dan Bungkil Sawit Bisa Diolah Jadi EBT

60800
HIP BBN April 2018 Naik
Foto: konfrontasi.com

Cangkang dan Bungkil Sawit Bisa Diolah Jadi EBT

Cangkang dan Bungkil Sawit Bisa Diolah Jadi EBT
Foto: konfrontasi.com

indoPetroNews- Indonesia sejatinya dapat memanfaatkan potensi Energi Baru Terbarukan (EBT) yang tersedia melimpah di dalam negeri. Betapa tidak, cangkang dan bungkil kelapa sawit sebenarnya dapat dimanfaatkan sebagai biomassa yang ramah lingkungan. Apalagi trend dunia saat ini mulai beralih dari energi fosil ke EBT.

“Sayangnya, selama ini hanya menjadi limbah dan tidak bernilai,” kata Ketua Perhimpunan Ekonomi Pertamian Indonesia (PEPI) Bayu Krisnamurthi pada Rabu (8/2/2017) di Jakarta.

Menurutnya, jangan lagi terulang kisah gas. “Barang bagus kita jual murah dan kemudian beli barang jelek, mahal lagi. Kita harus mulai dari sekarang untuk cangkang, bungkil kelapa sawit untuk dijadikan energi yang ramah lingkungan,” paparnya.

Oleh sebab itu, harap Bayu, pemerintah harus memiliki strategi yang tegas. “Cangkang dan bungkil kelapa sawit harus dimanfaatkan di dalam negeri. Karena dunia itu akan mencari cangkang dan bungkil sawit,” tegasnya.

Lebih Bayu mengungkapkan, Jepang dan Korea Selatan sedang gencar meminta ekspor cangkang dan bungkil kelapa sawit. Bahkan saat ini, lanjut Bayu, terjadi peningkatan permintaan. “Setelah kasus nuklir Fukushima, mereka mulai keluar pelan-pelan dari energi nuklir tetapi tidak mau pakai solar. Mereka mencampur berikat arang coal mereka dengan 10%, 12%, 15% biomassa dan wood chip sehingga menjadi clean energy. Ini laku sekali di mana-mana,” tandasnya.

Dia mengemukakan, inilah masa depan dari pemanfaatan sawit. “Anda bayangkan nanti kalau petani nilainya tidak hanya dilihat dari minyak tetapi dilihat juga dari biomassa yang mereka hasilkan,” ujar Bayu seraya mengimbuhkan, sawit adalah produsen biomassa terbesar dari semua tanaman komersial. “28 ton per hektar biomassa yang dihasilkan oleh sawit. Itu paling besar dibandingkan dengan yang lain,” tandasnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*