Perusahaan Migas AS Dilarang Beroperasi di Iran

72100
Masyarakat Sipil Desak Penanganan Pengeboran Ilegal Sumur Tua Dilakukan Komprehensif
Foto: istimewa

Perusahaan Migas AS Dilarang Beroperasi di Iran

 

Perusahaan Migas AS Dilarang Beroperasi di Iran
Foto: jitunews.com

indoPetroNews- Tertutup sudah peluang bagi perusahaan-perusahaan minyak dan gas bumi (migas) asal Amerika Serikat (AS) untuk mengikuti tender Wilayah Kerja (WK) di Iran. Apa alasannya?

“Perusahaan-perusahaan migas AS tidak memiliki batasan untuk beraktivitas di Iran akan tetapi sanksi Amerika sendiri yang membuat kegiatan tersebut mustahil,” kata Deputi Menteri Perminyakan Iran untuk Perdagangan dan Hubungan Internasional, Amir Hossein Zamaninia, Senin (6/2/2017), seperti dilansir Islamic Republic News Agency (IRNA). Perusahaan-perusahaan AS tidak memiliki peluang untuk mengikuti tender ladang minyak Iran yang akan dikembangkan dengan bantuan internasional.

Dia menyatakan bahwa Iran belum menetapkan batasan untuk perusahaan manapun. Hukum Amerika yang telah membuat partisipasi mereka dalam tender minyak Iran menjadi tidak mungkin.

Iran telah mengumumkan 29 perusahaan besar dari Asia dan Eropa yang telah terkualifikasi mengajukan kontrak minyak dan pengembangan gas di Republik Islam. Sekitar 70 proyek telah ditetapkan pelaksanaannya.

Perusahaan-perusahaan tersebut ingin langsung terjun pasca pencabutan sanksi terhadap Republik Islam, namun perusahaan-perusahaan AS masih dilarang bertransaksi dengan Iran berdasarkan sanksi di luar program nuklir Tehran.

“Berdasarkan sanksi utama dari Kongres AS, perusahaan-perusahaan minyak Amerika tidak dapat beraktivitas di Iran. Oleh sebab itu, mereka tidak akan berpartisipasi dalam pelaksanaan tender,” kata Zamaninia.

Pernyataan itu mengemuka paska Menteri Perminyakan Iran, Bijan Zangeneh pada pekan lalu mengatakan bahwa perusahaan-perusahaan AS tidak dibatasi untuk terjun ke sektor industri minyak Iran. Namun demikian, tidak ada perusahaan Amerika yang dapat terjun langsung di industri minyak Iran. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*