Iran Gandeng Jepang, Korsel dan Cina untuk Perluasan Kilang

62600
Iran Gandeng Jepang, Korsel dan Cina untuk Perluasan Kilang
Foto: albalad.com

Iran Gandeng Jepang, Korsel dan Cina untuk Perluasan Kilang

indoPetroNews- Republik Islam Iran benar-benar memanfaatkan dicabutnya sanksi ekonomi oleh negara-negara Barat. Iran kini merangkul berbagai negara untuk mengolah bisnis minyak dan gas bumi (migas). Salah satunya, Jepang.

Iran Gandeng Jepang, Korsel dan Cina untuk Perluasan Kilang
Foto: albalad.com

“Dalam waktu dekat kontrak perluasan kilang minyak Esfahan akan dirampungkan bersama tiga perusahaan Jepang,” kata Abbas Kazemi, Direktur eksekutif Perusahaan Nasional
Pengilangan dan Produk-produk Minyak Iran, pada Rabu (1/2/2017) dalam jumpa persnya di Iran, seperti dilansir oleh Mehr News.

Abbas Kazemi menuturkan, negosiasi terkait perluasan kilang minyak Esfahan, pusat Iran dengan tiga perusahaan Jepang, Marubeni, Chiyoda dan Mitsui, masih berlangsung dan diprediksikan kontrak proyek besar kilang minyak senilai 3,6 miliar dolar, akan segera dirampungkan.

Dia juga menerangkan,, kontrak senilai dua miliar dolar juga sudah ditandatangani untuk proyek perluasan kilang minyak Esfahan dengan perusahaan Korea Selatan, Daelim.

Abbas Kazemi juga menyinggung anggaran 1,6 miliar dolar dan optimalisasi kilang minyak Abadan, Barat Daya Iran dan memprediksikan, proyek ini akan mulai dioperasikan secara resmi pada Februari 2017 dengan dihadiri oleh pejabat urusan minyak dan energi Cina, staf direksi perusahaan Sinopec dan pejabat pemerintah Iran pelaksana proyek ini.

Menurut Abbas Kazemi, nilai kontrak perluasan kilang minyak di Iran yang ditandatangani dengan perusahaan Jepang, Korea Selatan dan Cina, mencapai 8,6 miliar dolar.

Ia juga menuturkan, dengan bertambahnya kapasitas ekspor produk-produk minyak Iran, ekspor minyak ini pada 2017 akan meningkat dari 500 ribu barel, menjadi 600 ribu barel perhari. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*