Posisi Wakil Dirut Pertamina Janggal

69400
Posisi Wakil Dirut Pertamina Janggal
Foto : porosjakarta.com

Posisi Wakil Dirut Pertamina Janggal

indoPetroNews- Kedudukan Wakil Dirut Pertamina mulai dipertanyakan. Salah satunya oleh Politisi PDIP, Darmadi Durianto. Apa pertanyaan dan kejanggalannya?

Posisi Wadirut Pertamina Janggal
Foto : porosjakarta.com

Menurut Darmadi, pengangkatan Ahmad Bambang diduga melanggar UU Nomor 19 Tahun 2003 Pasal 16. Dalam aturan itu secara jelas diatur bahwa direksi diangkat berdasarkan pertimbangan keahlian, integritas, kepemimpinan, pengalaman, jujur, perilaku yang baik, serta dedikasi yang tinggi untuk memajukan dan mengembangkan Persero.

“Kan aneh ini, kok tiba-tiba dia (Ahmad Bambang) yang diduga tindak pidana korupsi dalam penyediaan dan operasional kapal di PT Pertamina Transkontinental pada 2012 sampai 2014. Kini ditangani Kejagung. Tapi saat ini malah diangkat dan menduduki jabatan bergengsi sebagai Wadirut PT Pertamina,” kata Darmadi kepada media, Kamis (2/2/2017) di Jakarta.

Kejanggalan lainnya, yakni jabatan yang diemban Ahmad Bambang sama sekali tidak ada dasar hukumnya. Bahkan, jabatan tersebut tidak sesuai dengan UU BUMN. “Pertama, tidak ada jabatan Wadirut di Pertamina. Kedua, pengangkatan direksi Ahmad Bambang ini melanggar pasal 16 UU BUMN No 19 tahun 2003,” tegas Darmadi.

Untuk itu, Darmadi menyatakan DPR akan melakukan pengawasan intensif terkait pengangkatan Bambang tersebut. “Apa kriteria menteri BUMN mengangkat Ahmad Bambang? Padahal, yang bersangkutan sedang ada dugaan kasus korupsi. Menteri yang ngangkat lain di mulut, lain di hati, lain di tindakan alias munafik. Bagaimana mengangkat Wadirut yang sudah punya dugaan korupsi? Katanya fit and proper test? Kenyataannya semau-maunya,” tandas anggota Komisi VII DPR ini. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*