Pertamina Hargai Proses Hukum Wakil Dirut Pertamina

69500
Pertamina Hargai Proses Hukum Wakil Dirut Pertamina
Foto: borneobangkit.com

Pertamina Hargai Proses Hukum Wakil Dirut Pertamina

Pertamina Hargai Proses Hukum Wakil Dirut Pertamina
Foto: borneobangkit.com

indoPetroNews- Vice President Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro dalam keterangannya Selasa (2/2/2017) menghormati proses hukum yang menimpa Wakil Dirut Pertamina Ahmad Bambang. “Pertamina selaku induk perusahaan sangat menghormati proses hukum yang sedang berlangsung,” kata Wianda.

Seperti diketahui, Kejaksaan Agung disebutkan tengah menyelidiki kasus dugaan korupsi pengadaan dan operasi kapal di PT Pertamina Trans Kontinental, salah satu anak usaha PT Pertamina (Persero).

Kendati mengaku menyelidiki, tetapi mereka belum menjelaskan soal detail potensi kerugian negara akibat kasus tersebut.

Meski demikian, audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyebutkan, sedari awal proses pengadaan kapal sudah bermasalah. Pemegang tender, sesuai laporan itu disebut tak kredibel dan dianggap kurang berpengalaman.

Dalam perkara pengadaan dua kapal yakni kapal AHTS Transko Andalas dan Transko Celebes misalnya, broker yang digunakan oleh anak usaha PT Pertamina (Persero) tersebut dianggap tak kredibel, pemenang tender yakni PT VMB pun baru dibentuk pada 2011.

Tak hanya itu, audit tersebut menjelaskan, selain masalah kredibilitas pemegang tender, nilai proyek pengadaan kapal AHTS Transko Andalas dan Celebes yang mencapai US$28 juta dianggap terlalu mahal. Padahal menurut audit itu, harga per unit kapal hanya sekitar US$7 juta. Sehingga untuk dua kapal jumlah anggaran seharusnya senilai US$14 juta.

Menurut Wianda, pihak Kejagung tetap menerapkan praduga tak bersalah. Misalnya dalam kasus PT Pertamina Trans Kontinental, kasus tersebut sampai saat ini masih dalam tahap penyelidikan. Karena masih penyelidikan, kasus itu mereka serahkan ke penegak hukum.

Selain itu, terlepas dari sejumlah kasus yang membelenggu anak usahanya, Pertamina, kata Wianda, akan fokus untuk meraih target yang mereka sudah rancang pada 2017. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*