Universitas Pertamina Kembangkan Penelitian EBT

36000
Tata Kelola Industri Migas Harus Efisien
Foto: huntnews.com

Universitas Pertamina Kembangkan Penelitian EBT

indoPetroNews- Situasi krisis energi yang ditandai menipisnya cadangan energi fosil membuat banyak kalangan civitas akademika ikut ambil peran untuk memberikan solusi alternatif. Salah satunya adalah Universitas Pertamina. Apa bentuk sumbangsihnya dalam pengembangan Energi Baru Terbarukan (EBT) ini?

Foto: huntnews.com

“Kita mengembangkan penelitian sel surya atau sel fotovoltaik adalah alat yang mengubah energi cahaya menjadi energi listrik menggunakan efek fotoelektrik,” kata Prof Akhmaloka PhD. Rektor Universitas Pertamina kepada wartawan seusai memimpin acara Dies Natalis 1 Universitas Pertamina, pada Rabu (1/2/2017) di Jakarta. Selain itu, juga dikembangkan fuel cell, hydro dan angin. Program penelitian ini telah dilakukan sejak paruh kedua tahun 2016.

Kegiatan pengabdian masyarakat sebagai salah satu komponen utama dalam kegiatan universitas, juga diarahkan untuk proyek pengembangan EBT. “Pihak universitas menggandeng kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) perusahaan untuk proyek pengembangan EBT,” tandas mantan Rektor Institut Teknologi Bandung (ITB) ini.

Di Bantul Jawa Tengah dan Tasikmalaya, Jawa Barat, lanjut Akhmaloka, pihaknya telah mengembangkan kincir angin untuk diolah menjadi energi. Disamping proyek pengembangan EBT, pihaknya juga melaksanakan kegiatan terkait efisiensi manajemen bagi perusahaan. Sebab, univeritas ini didirikan oleh perusahaan Pertamina.

Untuk bidang pendidikan, tentu Universitas Pertamina, selain menyelenggarakan kegiatan reguler, juga membuka program pertukaran mahasiswa dan program double degree dengan berbagai instansi pendidikan tinggi lainnya.

Akhmaloka juga mengemukakan bahwa lulusan terbaik lembaga pendidikan tinggi yang diasuhnya, kelak ‘diprioritaskan’ untuk bisa berkiprah membesarkan Pertamina. “Tentu dengan berbagai persyaratan dan pertimbangan yang akan ditentukan dikemudian hari,” ujarnya. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*