Aramco Tunjuk Cline and Associates Audit Cadangan Migas

40600
JPMorgan Chase & Co, HSBC Holdings, dan Morgan Stanley Bakal Jadi Koordinator IPO Aramco
Foto : financialpost.com

Aramco Tunjuk Cline and Associates Audit Cadangan Migas

Foto : financialpost.com

indoPetroNews- Saudi Aramco, perusahaan minyak dan gas bumi (migas) raksasa sejagat, dikabarkan mendelagasikan dua perusahaan Amerika Serikat untuk mengaudit cadangan minyak dan gas mereka. Hal ini dilakukan untuk kepentingan IPO (penjualan saham perdana).

Saudi Aramco, ungkap beberapa analis, diperkirakan memiliki 15% dari total cadangan minyak global. Perusahaan milik Kerajaan Arab Saudi ini telah menunjuk Cline and Associates, anak usaha dari perusahaan Baker Hughes-Gaffney, untuk melakukan kajian.

Satu perusahaan lagi untuk tugas serupa adalah DeGolyer and MacNaughton, berpusat di Kota Dallas, merupakan perusahaan tertua di dunia dalam urusan mengaudit cadangan minyak.

Namun Baker Hughes dan Aramco menolak untuk berkomentar tentang penunjukannya. DeGolyer juga belum menanggapi informasi tersebut.

Sebagai catatan, IPO akan dilaksanakan Aramco, pada semester kedua 2018, diyakini menjadi terbesar sepanjang sejarah dunia. Nilai IPO lima persen saham Aramco itu diprediksi paling sedikit US$ 2,5 triliun. Hal tersebut dikatakan Menteri Energi Arab Saudi Khalid al-Falih pada Kamis (26/1/2017).

Saudi Aramco adalah perusahaan pelat merah Arab Saudi, diperkirakan menguasai cadangan minyak 265 miliar barel. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*