Efek Positif Kenaikan Harga Minyak Terhadap Ekonomi Dalam Negeri

67500
Efek Positif Kenaikan Harga Minyak Terhadap Ekonomi Dalam Negeri
Sumber : market.bisnis.com

Efek Positif Kenaikan Harga Minyak Terhadap Ekonomi Dalam Negeri

Sumber : market.bisnis.com

indoPetroNews- Belum stabilnya harga minyak mentah di pasar dunia menimbulkan berbagai dampak. Seiring perjalanan waktu, harga minyak saat ini mulai merangkak hingga USD 45 per barel. Selain negatif, ada pula positifnya. Apa saja sisi positifnya bagi perekonomian dalam negeri?

“Efek positif terhadap perekonomian Indonesia adalah secara umum akar meningkatkan kinerja ekspor migas dan potensi kenaikan investasi di sektor hulu migas terkait eksplorasi,” kata peneliti Dana Mitra Lingkungan, Afif kepada media, Senin (23/1/2017) di Jakarta.

Perubahan asumsi makro ICP (Indonesia Crude Price) akan mempengaruhi postur RAPBN 2017.

Sebelumnya, ungkap Afif, Badan Anggaran DPR telah menyetujui asumsi harga minyak mentah Indonesia sebesar USS 45 per barel dengan lifting 815.000 bph dan gas 1,150 MBOEPD. “Realisasi ICP yang lebih tinggi dari asumsi yang ditetapkan akan menguntungkan pendapatan negara,” katanya.

Berdasarkan analisis sensitivitas Kementerian, setiap kenaikan atau penurunan ICP, akan berpengaruh terhadap pendapatan negara Rp 3,4 triliun – Rp 3,9 triliun dan PNBP terkoreksi Rp 2,7 triliun – Rp 3,1 triliun.

Dia juga menuturkan bahwa kenaikan harga minyak akan otomatis menaikkan realisasi pajak penghasilan minyak dan gas bumi.

Seperti diketahui, harga minyak naik tipis pada perdagangan Senin (23/1), didukung oleh laporan dari produsen minyak (OPEC) selama akhir pekan dimana pemangkasan produksi berhasil dilaksanakan.

Namun pasar sempat bergejolak karena produksi minyak AS yang meningkat. Sedangkan minyak mentah berjangka Brent International naik 8 sen ke level US$55,57 per barel. (Sofyan)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*