IPO Saudi Aramco Medio 2018

35800
IPO Saudi Aramco Medio 2018
sumber Photo : albalad.co

IPO Saudi Aramco Medio 2018

indoPetroNews- Raksasa perusahaan minyak dan gas bumi (migas) sejagat, Saudi Arabia Oil Company Aramco, memastikan akan menjual saham (IPO) perdananya pada paroh kedua 2018. Di bursa saham manakah kira-kira IPO nya melantai?

“Kami menyasar semua bursa besar. Aramco serius mempertimbangkan semua pasar saham, termasuk New York, London, Hong Kong, dan lainnya,” kata Presiden sekaligus CEO Saudi Arabia Oil Company Aramco Amin Nasir, seperti disinyalir Al-Arabiya, Kamis (18/1/2017) di sela pertemuan Forum Ekonomi Dunia, Kota Davos, Swiss.

Menurutnya, NYSE (Bursa Saham New York) di Kota New York sebagai salah satu pilihan untuk melakukan IPO. Pihaknya juga melakukan kajian terhadap semua bursa, termasuk New York, meski ada JASTA.

Sebagai catatan, JASTA adalah sebuah beleid mengizinkan pejabat atau pemerintah negara asing terlibat serangan teror di Amerika Serikat diadili. Kongres Amerika mengesahkan undang-undang diajukan oleh persatuan keluarga korban serangan 11 September 2001 di New York. Mereka mengklaim sejumlah pejabat Saudi terlibat dalam teror dilakukan Al-Qaidah itu.

Mengenai Bursa Saham London mensyaratkan 25 persen dari total saham IPO, Nasir menyatakan masih dibahas dengan pihak berwenang di Inggris.

Lebih jauh Nasir mengutarakan Aramco adalah perusahaan besar dan akan ada 25 miliar saham dilepas ke publik saat IPO. Jumlah ini lebih besar dari IPO dilakukan oleh Alibaba, perusahaan belanja daring asal Cina.

Menurut Nasir, perusahaan hanya ingin menjual 5% saham saja dan semua bursa mau serta siap bekerja sama dengan Aramco,” kata Nasir seraya mengimbuhkan bahwa mayoritas IPO akan dilaksanakan di Bursa Saudi atau Tadawul.

Terkait rencana IPO perdana ini, beberapa kalangan memperkirakan IPO 5% saham Aramco akan jadi yang terbesar sepanjang sejarah di dunia. Nilainya minimal US$ 2,5 triliun. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*