Batan dan Lembaga Kemanusiaan ESQ Sosialisasikan Nuklir pada 1000 Anak Yatim

0
60
Batan dan Lembaga Kemanusiaan ESQ Sosialisasikan Nuklir pada 1000 Anak Yatim
istimewa

Batan dan Lembaga Kemanusiaan ESQ Sosialisasikan Nuklir pada 1000 Anak Yatim

 

indoPetroNews- Upaya untuk mensosialisasikan nuklir kepada publik, Tenaga Nuklir Nasional (Batan) bekerjasama dengan Lembaga Kemanusiaan ESQ menyelenggarakan acara Semesta Ramadhan dengan tajuk “Ayo Cerdas Berteknologi” dan mengangkat tagline ”Nuklir Sahabat Kita”. Acara yang melibatkan 1000 anak yatim dhuafa berasal dari wilayah Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, dan Cikarang ini dikemas apik dengan konsep edutainment. Acara dilaksanakan pada Kamis (15/6/2017) di Kawasan Nuklir Pasar Jumat, Jakarta Selatan.

Kepala Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Djarot Sulistio Wisnubroto, menyambut baik terselenggaranya acara yang mengenalkan ilmu pengetahuan tentang nuklir.

“Nuklir bersifat ilmu pengetahuan. Kedatangan 1000 anak-anak yatim ini diharapkan bisa mencintai nuklir,” kata Djarot.

Dia berharap anak-anak sebagai generasi muda bisa memahami nuklir dan bercerita pada orangtuanya. “Dengan nuklir bangsa ini bisa mandiri di segala segi kehidupan, termasuk energi,” kata Djarot.

Sedangkan Lea Irawan, Ketua Lembaga Kemanusiaan ESQ, mengungkapkan pihaknya membawa 1000 anak yatim dan difabel. “Dunia nuklir bukan sesuatu yang menakutkan
Nuklir Sahabat Kita (Nusaki),” papar Djarot.

Dalam kegiatan ini anak-anak mendapatkan uang santunan, bingkisan perlengkapan sekolah dan alat tulis. Selain itu, anak-anak juga mendapatkan edukasi tentang teknologi khususnya nuklir.

Nilai yang ingin disampaikan diantaranya adalah anak-anak cerdas dan bijak dalam memanfaatkan teknologi. Setelah mengikuti acara ini, mereka mengetahui tentang manfaat teknologi nuklir yang sangat banyak untuk mendukung kehidupan manusia. Teknologi nuklir bukan hanya digunakan pada bidang militer, namun dapat dikembangkan pada bidang pertanian, peternakan, kesehatan, lingkungan, industri dan energi.

Selain itu, anak-anak dapat termotivasi untuk berprofesi sebagai peneliti, karena ada beberapa aktivitas yang melibatkan anak-anak untuk belajar menjadi seorang peneliti.

Anak-anak mengikuti rangkaian workshop yang dikemas secara menarik dalam bentuk permainan, salah satunya permainan ”Mencari Harta Karun“. Anak-anak belajar mendeteksi sumber radiasi nuklir dan mengenal beberapa alat peraga teknologi nuklir.

Selain workshop, anak-anak akan mendapatkan informasi seputar teknologi nuklir dengan pendekatan metode Dongeng. Dongeng yang edukatif dan interaktif melibatkan anak-anak dalam bagian cerita yang menggambarkan situasi dan pemanfaatan teknologi nuklir.

Acara Semesta Ramadhan dengan tema teknologi ini mendapat dukungan dari berbagai perusahaan, diantaranya PT L’Essential, Yayasan Wakaf Bangun Nurani Bangsa, APP Sinarmas, Lotteria, Produsen Sandal Lucu (Sancu), Yayasan Jiwa Ramah Sesama  (Yeni Rahman ), PT. JNE, Serta BATAN dan Himpunan Peneliti lndonesia (HiMPENiNDO) sebagai mitra pelaksanaan acara. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*