Arab Saudi Perbesar Volume Pemangkasan Produksi Minyak

0
87
Banyak Kontraktor Migas Kelas Dhuafa di Indonesia
Foto: koran.bisnis.com

Arab Saudi Perbesar Volume Pemangkasan Produksi Minyak

 

indoPetroNews- Laporan OPEC pada Selasa (14/3/2017) menyebutkan bahwa persediaan minyak global mengalami peningkatan, meski pihaknya dan beberapa produsen minyak lain telah melaksanakan pemangkasan output.

Persediaan minyak di negara-negara terindustrialisasi akan berada pada 278 juta barel di atas lima tahun, terdiri dari surplus minyak mentah sebesar 209 juta barel dan sisanya hasil pengilangan.

Sementara laporan bulanan Organization of the Petroleum Exporting Countries (OPEC), Arab Saudi, produsen minyak terbesar di dunia, telah meningkatkan outputnya pada Februari sebanyak 263,000 bph ke angka total 10.011 juta bph. Angka tersebut masih dalam batas kuota yang dialokasikan untuk Saudi, tetapi lebih tinggi dibanding data Januari maupun estimasi sumber sekunder yang mencatat output turun ke 9.797 juta bph.

Sejalan dengan itu, produksi negara anggota OPEC lain juga mengalami peningkatan pada Februari dibanding Januari, termasuk di Irak, Aljazair, Uni Emirat Arab, dan Venezuela.

Dalam upaya untuk mengentaskan kerisauan pasar, Menteri Energi Arab Saudi Khalid Al-Falih mengatakan, “Perbedaan antara produksi yang dipantau pasar dengan level suplai di bulan apapun, adalah karena faktor-faktor operasional yang dipengaruhi oleh penyesuaian penyimpanan dan variabel lain (yang berubah) dari bulan ke bulan.”

Ke depan, pasar minyak masih akan memantau perkembangan seputar komitmen pemangkasan output OPEC dan persediaan minyak AS, selain juga laporan suku bunga Amerika Serikat yang bisa berimbas pada harga minyak. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*