Arab Saudi Buka Tender Pembangkit EBT

0
179
Raja Salman Potong Pajak Aramco Hingga 50 Prosen
Foto: albalad.co

Arab Saudi Buka Tender Pembangkit EBT

Arab Saudi Buka Tender Pembangkit EBT
Foto: albalad.co

indoPetroNews- Anjloknya harga minyak dunia membuat Arab Saudi mulai melirik pengembangan Energi Baru dan Terbarukan (EBT). Salah satunya energi surya. Keseriusan negeri super kaya minyak ini ditunjukkan lewat pembukaan seleksi bagi calon peserta tender untuk dua proyek pembangkit listrik tenaga surya dan angin.

Arab Saudi yang selama ini dikenal sebagai negeri pengekspor minyak terbesar mulai mengundang perusahaan domestik dan luar negeri untuk mengikuti proses seleksi calon peserta tender untuk kedua proyek itu.

Kementerian Energi Saudi menerangkan bahwa kedua proyek EBT tersebut bakal menjadi proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga surya di Provinsi Al-Juf, utara Arab Saudi. Pembangkit ini direncanakan bisa menghasilkan 300 Megawatt (MW) listrik.

Proyek EBT lainnya adalah pembangunan pembangkit listrik tenaga angin berkapasitas produksi 400 Megawatt (MW). Lokasinya di Tabuk, barat daya Saudi.

Pemerintah Arab Saudi memperkirakan konsumsi listrik di negara Kabah itu bakal lebih dari 120 Gigawatt (GW) paling lambat pada 2032.

Seperti diketahui, selama ini pembangkit listrik di Saudi bertenaga minyak dan gas. Pemerintah menargetkan produksi listrik 9,5 Gigawatt dari energi terbarukan paling lambat 2023.

“Ini adalah langkah awal dari program panjang dan berkelanjutan untuk pengembangan energi terbarukan di Arab Saudi,” kata Menteri Energi, Industri, dan Sumber Daya Mineral Khalid al-Falih.

Falih mengutarakan bahwa target 9,5 Gigawatt tersebut membutuhkan dana antara US$ 30 miliar hingga US$ 50 miliar.

Perusahaan yang tertarik diberi tenggat sampai 20 Maret untuk menyerahkan dokumen pra-kualifikasi. Peserta lolos seleksi untuk ikut tender diumumkan pada 10 April 2017. Selanjutnya, proposal tender bisa dikirim paling lambat Juli. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*