6 Negara GCC Kenakan VAT, Kecuali EBT

0
210
6 Negara GCC Kenakan VAT, Kecuali EBT
Foto: 3blassociates.com

6 Negara GCC Kenakan VAT, Kecuali EBT

indoPetroNews- Enam negara Arab Teluk yang tergabung dalam organisasi GCC (Dewan Kerja Sama Teluk) – Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab (UEA), Kuwait, Bahrain, dan Oman – berencana memberlakukan VAT (pajak pertambahan nilai) sebesar lima persen secara simultan pada awal tahun depan.

Kelompok ini bersepakat untuk memberlakukan VAT sebagai salah satu cara mencari alternatif sumber devisa di luar minyak. Kebijakan ini diambil, mengingat harga emas hitam di pasar global menurun sejak medio 2014.

“Paling lambat 1 Januari 2018, kami akan menerapkan VAT lima persen di semua negara anggota GCC,” kata Yunis al-Khouri, pejabat di Kementerian Keuangan UEA pada Minggu (12/2/2017). Dia menambahkan ada tujuh sektor di UEA mendapat pengecualian, yakni pendidikan, kesehatan, Energi Baru dan Terbarukan (EBT), air, udara, transportasi, dan teknologi.

Khouri menyatakan pemerintah UEA berharap bisa meraup pendapatan US$ 3,3 miliar dari VAT tersebut di tahun pertama. VAT ini akan diterapkan bagi perusahaan berpendapatan tahunan lebih dari US$ 100 ribu. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*