Arab Saudi Beri Kompensasi Konsumen Listrik yang Padam

0
121
Raja Salman Potong Pajak Aramco Hingga 50 Prosen
Foto: albalad.co

Arab Saudi Beri Kompensasi Konsumen Listrik yang Padam

Arab Saudi Beri Kompensasi Konsumen Listrik yang Padam
Foto: albalad.co

indoPetroNews- Lain lubuk, lain pula belalangnya. Adagium ini nyaris relevan untuk membedakan regulasi di Indonesia dengan Arab Saudi terkait pemadaman listrik. Betapa tidak, Arab Saudi memberikan kompensasi kepada konsumen listrik yang rumahnya terjadi pemadaman listrik. Berapa nilai kompensasinya?

Konsumen di Saudi dapat kompensasi tiap kali listrik padam. Untuk pemadaman selama 24 jam, konsumen rumah tangga akan mendapat ganti rugi 75 riyal dan pelanggan non-rumah tangga memperoleh 150 riyal. The Electricity and Cogeneration Regulatory Authority akan mewajibkan perusahaan penyedia listrik memberi kompensasi kepada tiap konsumen setiap kali listrik padam. Regulasi ini berlaku mulai 2018.

“Untuk pemadaman selama 24 jam, konsumen rumah tangga akan mendapat ganti rugi 75 riyal dan pelanggan non-rumah tangga memperoleh 150 riyal,” kata Ketua Otoritas Listrik Arab Saudi Abdullah asy-Syihri pada Senin (6/2/2017).

Kalau pemadaman lebih dari 24 jam, lanjutnya, akan ada tambahan kompensasi 75 riyal kepada pelanggan untuk tiap 12 jam penundaan listrik menyala.

“Listrik padam mesti menyala dalam lima hari kerja. Bila lewat dari itu, perusahaan listrik harus menambah kompensasi 20 riyal untuk tiap lima hari penundaan listrik menyala,” tandasnya.

Dia menuturkan pelanggan baru harus sudah mendapat sambungan listrik dalam 40 hari kerja. Jika tidak, perusahaan layanan listrik akan dikenai denda 200 riyal untuk konsumen rumah tangga dan 400 riyal buat kategori non-rumah tangga.

“Bila listrik diputus karena ada tunggakan, mesti dinyalakan kembali dalam tiga jam setelah pembayaran dilunasi untuk daerah perkotaan, dalam lima jam di kota kecil dan pedesaan. Jika gagal, perusahaan akan dikenai denda 75 riyal dan tambahan denda tiap tiga jam penundaan,” katanya.

Bila ada pemutusan listrik, lanjutnya, perusahaan harus memberi tahu pelanggan dalam dua hari. Jika tidak dilakukan perusahaan mesti membayar kompensasi 75 riyal kepada konsumen.Perusahaan listrik harus menanggapi keluhan pelanggan dalam 15 hari.

“Jika tidak mesti membayar ganti rugi 75 riyal kepada konsumen,” ujarnya.

Bila konsumen mengalami pemadaman lebih dari empat kali setahun dan lebih dari empat jam, mereka akan memperoleh kompensasi 200 riyal. (Sofyan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*