Komatsu Luncurkan Truk Tambang Pintar, Bisa Berjalan Sendiri tanpa Sopir

0
257

Komatsu Luncurkan Truk Tambang Pintar, Bisa Berjalan Sendiri tanpa Sopir

Teknologi mobil tanpa pintar tak hanya hadir pada produk untuk konsumen umum. Produk khusus seperti truk tambang pun turut pula menggunakan teknologi canggih yang memungkinkannya berjalan sendiri tanpa kehadiran sopir. Inilah truk tambang yang baru-baru ini secara resmi diperkenalkan oleh Komatsu.

Truk tambang terbaru milik Komatsu ini hadir dengan teknologi Autonomous Haulage Systems (AHS) yang telah dikembangkannya bersama Rio Tinto sejak tahun 2008. Berbagai pengujian pun dilakukan di berbagai negara, mulai dari Chile hingga Australia. Salah satu produk truk tambang tanpa sopir yang berteknologi AHS adalah model 930E yang telah digunakan oleh perusahaan tambang Rio Tinto. Truk tambang ini benar-benar bisa dikendalikan tanpa kehadiran sopir di dalamnya.

Sebagai gantinya, truk ini bisa dikendalikan dari jarak jauh, jaringan wireless serta punya kemampuan untuk mendeteksi adanya penghalang. Truk ini juga diklaim bisa meningkatkan produktivitas di lingkungan tambang. Terlebih truk ini tidak perlu memutar haluan saat ada di lapangan. Terutama karena truk tambang ini bisa berjalan maju atau mundur secara mulus. Truk tambang ini mempunyai tenaga 2700 hp dan panjang mencapai 15 meter. Tidak ada kabin dan menggunakan desain roda 4WD. Sekali perjalanan, truk tambang otomatis ini bisa membawa beban mencapai 230 ton dengan kecepatan 64 kilometer per jam.

Mau lihat penampakan Video nya di bawah ini

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

*